Saturday, November 3, 2018

Resep Omelet Kentang Mudah dan Enak

Omelet adalah makanan yang berasal dari daratan Eropa, omelet ini jenis makanan yang berbahan dasar telur. Orang Indonesia lebih mengenal omelet dengan sebutan telur dadar, omelet sekarang banyak dikonsumsi masyarakat ketika sarapan. Ini karena pembuatannya yang cepat serta mudah dan biasa dikonsumsi bersama dengan nasi hangat dan segelas susu. Jika anda ingin membuat omelet yang istimewa dan lain dari biasanya, anda bisa mencoba membuat resep omelet dengan toping sayuran. Resep omelet ini dipilih karena selain menyehatkan, rasanya juga pasti enak. Cocok dihidangkan untuk seluruh anggota keluarga anda

Berikut resep omelet toping sayuran, yaitu :
Bahan-bahan pembuatan omelet :
- 3 butir telur ayam
- 2 sendok makan keju parut
- ¼ bagian paprika merah
- 1 ikat bayam
- 1 buah kentang dengan ukuran sedang
- 1 buah bawang Bombay
- 1 buah tomat
- Daging kornet, sesuai selera anda
- Merica bubuk secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak goring atau margarine secukupnya

Cara membuatnya :
1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan sayuran yang akan anda tumis terlebih dahulu. Paprika, bawang Bombay, tomat dan kentang anda cuci bersih lalu potong dadu kecil. Potong juga bayam kecil-kecil, lalu siapkan wajan yang sudah diberi sedikit minyak. Tumis semua sayuran tersebut sampai matang lalu angkat dan tiriskan.

2. Siapkan tempat dan pecahkan semua telur, ketika memecahkan telur usahakan jangan sampai ada yang cangkang telur yang tertinggal. Kocok telur sampai tercampur antara putih dan telurnya, setelah itu masukkan pula garam dan merica bubuk, aduk hingga semua bahan tercampur. Ketika mengocok sebaiknya jangan terlalu cepat, ini agar telur tidak mengembang.

3. Masukkan daging kornet dan aduk hingga tercampur merata. Kemudian anda masukkan sayuran yang sudah anda tumis tadi, aduk sebentar hingga merata.

4. Siapkan wajan anti lengket, kemudian beri minyak atau margarine secukupnya. Setelah cukup panas anda omelet dan goring sampai matang. Ketika menggoreng sebaiknya anda menggunakan api yang kecil, ini agar omelet bisa matang sampai ke dalam dan sempurna dan tentu saja tidak gosong. Selain itu anda jangan lupa untuk membalik-balikkan omelet tersebut sebanyak 2 atau 3 kali agar omelet tidak gosong sebelah.

5. Setelah omelet mulai berwarna kekuningan atau hampir matang, anda taburkan keju yang sudah anda parut di bagian atasnya lalu masak tau goring kembali hingga matang.

6. Setelah matang angkat dan taruh di piring saji, omelet sayuran ini sangat nikmat bila anda hidangkan selagi panas dan disajikan dengan saus pedas maupun saus tomat.

Ketika membuat resep omelet ini, jenis sayuran bisa anda sesuaikan dengan selera anda. Dan bila anda suka rasa yang pedas anda bisa menambahkan cabai ke dalam resep. Untuk anak-anak anda juga bisa menghilangkan paprika dalam resep tersebut. Resep omelet ini bisa cocok untuk menu harian anda, ini karena kandungan yang terdapat dalam resep omelet ini juga sangat beragam dan dapat mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda seperti karbohidrat, protein, vitamin, serta zat gizi lain.

Itulah resep omelet yang sederhana, semoga bermanfaat untuk anda.