Monday, December 24, 2018

Bikin Bangga Orang Tua, Ini 5 Potensi Anak Generasi Maju

Orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya berprestasi di bidang apapun dan mampu menjadi generasi maju bagi penerus bangsa. Setiap anak tentunya memiliki kesempatan untuk bisa meraih cita-cita dan kesuksesannya. Namun ternyata orang tua juga merupakan faktor yang penting untuk mewujudkannya https://www.generasimaju.co.id/. Berikut merupakan 5 potensi anak yang perlu diketahui.


Tumbuh Tinggi dan Kuat
Tumbuh tinggi dan kuat juga merupakan salah satu potensi anak yang perlu orang tua perhatikan. Untuk mengetahui apakah si kecil berpotensi dalam hal ini, Anda bisa membandingkan pertumbuhan tinggi dan berat mereka dengan melihat Kartu Menuju Sehat. Anda juga perlu memberikan asupan gizi yang berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Meskipun demikian, Anda juga harus mengecek apa dan bagaimana potensi kesehatan mereka yang lain. Anda juga perlu melatih dan menstimulasi motorik kasar dan motorik halusnya. Cara menstimulasi motorik kasar adalah dengan melompat, lari, atau naik sepeda. Sedangkan untuk motorik halusnya, cukup mudah. Ajak si kecil untuk mengerakkan mata dan jari-jarinya.

Percaya Diri
Pada umumnya percaya diri akan muncul pada tiga tahun pertama usia anak. Lalu bagaimana sih cara mengenalinya? Hal ini bukan semata apakah dia senang tampil atau tidak namun seberapa yakinnya si kecil terhadap kemampuan yang dimilikinya. Kebanyakan orang tua salah kaprah menganggap anaknya yang suka tampil sebagai wujud percaya diri.

Percaya diri yang dimaksud adalah ketika si kecil merasa yakin untuk menyampaikan apa yang mereka tampilkan. Percaya diri merupakan potensi utama anak generasi maju. Untuk menumbuhkannya Anda dapat memberikan hubungan timbal balik yang sehat dan mesra selayaknya orang tua dan anak. Anda juga harus lebih sensitif menangkap apa pikiran si kecil.

Cerdas dan Kreatif
Cerdas berarti memiliki kemampuan untuk menangkap dan mengerti sesuatu dengan cepat. Contohnya ketika Anda menyebutkan sesuatu, si kecil dapat dengan mudah mengerti dan menangkap apa yang Anda sampaikan dan mengaplikasikannya. Sedangkan kreatif adalah si kecil cenderung memiliki ide untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapinya.

Pada dasarnya cerdas dan kreatif memang memiliki sedikit perbedaan, namun keduanya tetap saling melengkapi. Untuk dapat menggali potensi si kecil dalam hal ini maka biarkan dia untuk mengenal hal-hal baru dan menambah wawasannya, berikan jawaban atas pertanyaannya, ajak si kecil untuk berkreasi, serta tambuhkan rasa keingintahuan kepada sang buah hati.

Mandiri
Mandiri itu bukan sekadar mandi sendiri, namun bagaimana kemampuan si kecil mengendalikan dirinya untuk melakukan hal-hal tertentu dengan sendirinya. Dalam kasus ini bukan berarti si kecil tidak boleh meminta bantuan kepada Anda. Namun saat melakukan suatu hal mereka tahu bahwa ia dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan dari Anda.

Bagaimana sih cara menggali potensi anak agar menjadi mandiri? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memberikan kesempatan kepada si kecil untuk melayani dirinya sendiri. Contohnya biarkan ia makan dan minum sendiri serta berikat kesempatan padanya untuk menjelajah lingkungan. Sebab dengan demikian maka mereka Anda menemukan hal-hal baru.

Supel
Anda bisa menggali potensi supel pada si kecil dengan sering bertatap mata. Biarkan si kecil merasa terbiasa dan nyaman dengan menatap orang lain. Setelah itu ajaklah bermain dengan anak-anak lain baik itu seumuran ataupun lebih tua darinya. Selian itu sering-seringlah ajak si kecil mengobrol agar ia terbiasa berkomunikasi dengan orang lain.

Nah itulah beberapa poin mengenai potensi anak generasi maju dan bagaimana cara menggali potensi tersebut. Bagaimana, apakah anak Anda sudah menunjukkan potensi-potensi di atas? Jika belum, yuk didik dan gali potensi anak Anda agar lebih bermanfaat di kemudian hari.