Sunday, January 13, 2019

5 Jenis Cedera Lutut yang Paling Sering Dialami

Cedera lutut merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh sebagian banyak orang. Pasalnya lutu merupakan salah satu bagian tubuh yang mempunyai peranan yang sangat penting. Penangan dan pengobatannya juga relatif beragam. mulai dari tindakan sederhana bahkan operasi. Nah berikut ada beberapa jenis cedera lutut yang paling kerap dialami. Apa saja sih?

Keseleo, Rasa Nyeri Saat Lutut Digerakkan
Pada umumnya keseleo paling kerap terjadi ketika jaringan ikat atau ligamen yang ada pada bagian lutut mengalami kerusakan. Otot ligamen sendiri berfungsi untuk melindungi tulang dan sendi lutut. Tak hanya itu saja, ligamen juga berfungsi untuk memudahkan pergerakan sendi. Itulah mengapa ligamen memiliki sifat yang lentur dan fleksibel.

Masalah keseleo paling kerap terjadi ketika Anda mengalami pendaratan yang salah. Biasanya masalah yang satu ini sering dialami Anda yang sering berolahraga sepak bola ataupun basket. Gejala yang paling umum terjadi ketika Anda mengalami masalah yang satu ini adalah pembengkakan dan rasa nyeri yang timbul ketika digunakan untuk berjalan bahkan bergerak.

Dislokasi, Tulang Tidak Pada Tempatnya
Dislokasi merupakan salah satu cedera lutut yang terjadi ketika posisi tulang tidak berapa pada tempatnya, baik sebagian atau bahkan keseluruhan. Salah satu contoh masalah dislokasi adalah ketika posisi tulang kering dan tulang paha keluar dari posisi semula.

Pada umumnya, masalah dislokasi terjadi akibat kecelakaan, jatuh, bahkan berbagai olahraga ekstrem. Penanganan dislokasi biasanya berupa operasi pembedahan yang bermanfaat untuk mengembalikan posisi tulang ke tempat semula. Namun di Indonesia sendiri ada alternatif yang bisa Anda pilih salah satunya dengan cara diurut.

Patah Tulang Dikarenakan Benturan Keras
Patah tulang biasanya terjadi setelah mengalami benturan yang keras. Baik jatuh, hantaman, atau bahkan kecelakaan. Adapun bagian yang mengalami patah tulang adalah tempurung lutut. Cedera lutut yang satu ini merupakan salah satu masalah yang cukup fatal. Pasalnya cedera ini memerlukan penanganan serius berupa tindakan operasi.

Cedera Bantalan Sendi Lutut
Bantalan sendi lutut atau yang lebih dikenal dengan meniskus juga sangat berperan untuk mencegah lutut mengalai berbagai benturan. Namun ternyata bagian bantalan yang satu ini juga sangat rawan mengalami masalah. Selain itu meniskus juga bermanfaat untuk mengurangi gesekan antar tulang yang berada di sekitar sendi lutut.

Sindrom Nyeri Lutut Akibat Terlalu Sering Menggerakan Sendi
Sindrom sendi lutut ternyata juga dapat terjadi ketika Anda terlalu sering menggunakan lutut sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Pada umumnya cedera yang satu kerap terjadi ketika Anda terlalu lama bersepeda ataupun berlari. Rasa nyeri yang Anda alami biasanya terjadi pada bagian belakang lutut.

Itulah beberapa cedera lutut yang paling kerap dialami. Apa Anda juga pernah mengalami masalah-masalah di atas? Jika iya segeralah lalukan tindakan penanganan yang tepat. Jangan anggap sepele nyeri lutut, sebab dapat menjadi indikasi gejala masalah yang serius. Anda juga bisa berkonsultasi masalah lutut yang Anda alami melalui dokter.my.