Sunday, February 10, 2019

Berikut 7 Cara Memperbanyak ASI Perah untuk Anda

Ibu menyusui yang mengonsumsi berbagai produk memperlancar ASI perlu mengetahui bahwa hal tersebut tidaklah cukup. Produksi ASI akan berlimpah jika Anda sering menyusui atau memerah susu Anda. Berikut 7 cara memperbanyak ASI perah yang harus Anda ketahui.

Hindari Faktor Penghambat Hormon Prolaktin dan Oksitosin
Hormon prolaktin dan oksitosin adalah hormon yang berperan dalam proses produksi dan pengeluaran ASI. Faktor penghambat hormon tersebut bisa karena pengosongan payudara yang tidak baik, adanya kelainan anatomi payudara, adanya penyakit atau riwayat trauma pada payudara.
Selain itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menghambat hormon prolaktin dan oksitosin. Tingkat stres, kelelahan, dan kurang istirahat juga hal yang harus dihindari agar tidak menghambat hormon tersebut.

Persiapan Sebelum Memerah
Persiapan sebelum mulai memerah menjadi hal penting karena akan membantu dan mempercepat terjadinya reflek pengeluaran ASI atau bisa disebut dengan let down reflex (LDR). Persiapan ini sama pentingnya dengan Anda berlatih memerah ASI.

Memijat dan Memerah Menggunakan Tangan
Anda bisa melanjutkan memerah menggunakan tangan ketika selesai menggunakan pompa. Kegiatan ini harus dilakukan dengan memijat menggunakan teknik yang baik. Anda bisa meminta bantuan konselor menyusui atau dokter Anda jika belum mengetahui teknik memijat setelah memompa ASI.

Tandem Nursing Pumping
Tandem Nursing Pumping adalah teknik memerah menggunakan pompa bersamaan dengan menyusui bayi. Teknik ini disarankan karena mampu menstimulasi LDR pada kedua payudara. Kegiatan ini mampu mengosongkan payudara secara optimal karena LDR bisa dilakukan lebih dari satu kali.

Atur Frekuensi
Jika Anda adalah pekerja kantoran yang harus meninggalkan buah hati Anda lebih dari 8 jam, usahakan Anda memerah ASI sebanyak 3 kali. Pertama, ketika Anda baru saja sampai tempat kerja Anda dan sebelum Anda memulai perkerjaan Anda. Kedua, ketika Anda istirahat makan siang. Ketiga, sebelum Anda pulang ke rumah.

Jadwal memerah ASI tadi sebaiknya tidak Anda lewatkan. Karena payudara yang tidak dikosongkan dalam waktu 5 jam atau bahkan lebih bisa menurunkan produksi ASI. Anda juga sebaiknya tidak melewatkan waktu memerah saat dini hari. Kadar hormon prolaktin sangat tinggi saat pukul 02.00-04.00 dini hari.

Hands on Pumping (HOP)
HOP adalah teknik menekan dan memijat payudara saat dipompa menggunakan alat. Teknik ini dilakukan dengan satu tangan melakukan HOP dan tangan lainnya memegang pompa. Anda bahkan bisa melakukan HOP di kedua payudara secara bersamaan dengan menggunakan hands free pumping bra.

Power Pumping
Cara ini dapat meningkatkan produksi ASI Anda. Caranya adalah dengan rutin memerah atau memompa ASI selama 30 menit sekali setiap jam selama 2 kali 24 jam. Power Pumping harus didukung dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Itulah cara memperbanyak ASI perah untuk Anda. Untuk informasi lanjutan, Anda bisa mendapatkan hands free pumping bra yang berguna untuk melakukan HOP dengan kualitas terjamin di ORAMI. Silahkan kunjungi website resmi ORAMI di www.orami.co.id.